Kegunaan dari cPanel

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari cPanel:

Membuat dan Mengelola akun e-mail.


Salah satu tugas utama dari kegunaan cPanel adalah dapat membantu webmaster untuk mengelola account email mereka dalam berbagai cara. Perangkat lunak ini menyediakan bantuberagam dalam penciptaan dan penghapusan account email. Jika seorang webmaster perlu mengubah password untuk akun email tertentu untuk beberapa alasan, bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan cPanel. Fitur lainnya juga termasuk penciptaan dan penghapusan forwarders email. Orang juga dapat melakukan tugas-tugas seperti email filtering dari sampah dan spam, memblokir listrik yang tidak diinginkan, menambahkan fungsi otomatis dan sebagainya.

Mengelola File.


Ada fitur file manager yang hadir pada cPanel. Fitur ini terutama digunakan untuk memudahkan proses download dan meng-upload file ke server. Ini juga merupakan proses yang sangat mudah untuk mengizinkan dengan penciptaan dan penghapusan file, dan mereka juga dapat diedit tanpa banyak kerumitan. Perintah chmod juga dapat digunakan dengan File Manager yang dapat memodifikasi izin tentang menggunakan file.

Pemeliharaan Website.

Ada beberapa fitur yang disediakan di cPanel untuk mengelola website, yang membantu dalam melaksanakan beberapa tugas. Beberapa tugas umum yang dijalankan oleh fitur ini meliputi membuat halaman error untuk memenuhi kebutuhan pribadi, domain park, menginstal dan menghapus ekstensi FrontPage, membuat add-on domain, menambah dan menghapus account FTP, memodifikasi password account FTP dan sebagainya.


Mudah Untuk Menavigasikan Website.

cPanel dapat membantu webmaster untuk membuat situs mereka lebih mudah dinavigasi. Ada berbagai cara untuk melakukan ini. Menggunakan redirection adalah salah satu metode, di mana link dibuat untuk menunjuk langsung ke halaman yang dibutuhkan. Fitur lain termasuk membuat sub domain dan lagi mengarahkan mereka ke halaman lain yang lebih relevan.


Mengelola Database.

cPanel cukup canggih untuk memungkinkan webmaster untuk menggunakan database MySQL. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk menciptakan database MySQL, membuat dan menghapus fitur MySQL dengan penggunaan PHP MyAdmin, back up database MySQL menggunakan fitur yang sama, mengimpor file ke dalam database MySQL, dll.


Mengamankan Website.

Keamanan yang disediakan cPanel memang cukup terpuji. Keamanan ini diberikan melalui berbagai fitur perlindungan. Aplikasi perangkat lunak dapat dikonfigurasi untuk melindungi direktori online, membolehkan atau melarang browsing yang langsung direktori, membolehkan atau melarang orang lain untuk hotlink website, memblokir atau mencabut blokir dari alamat IP atau sebagainya

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Apa itu cPanel?

cPanel adalah singkatan untuk kontrol Panel. Pada dasarnya, ini adalah penghubung yang...

Cara membuat akun e-mail melalui cPanel

Berikut adalah langkah-langkah membuat akun e-mail melalui cPanel: Akses cPanel melalui link...

Keuntungan menggunakan cPanel

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang tersedia untuk para webmaster: 1 . Ini adalah alat...