Domain Name Service (DNS)

Overview

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya google.com, yahoo.com, wikipedia.org dan indonesia.go.id. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Manfaat

Ada empat manfaat utama yang ditawarkan oleh Domain Name Service. Diantaranya adalah gratis mengelola layanan DNS, gratis domain forwarding, murah, dan aman. Gratis mengelola layanan DNS memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol atas seluruh domain. Semua domain dan domain terkait dikelola oleh catatan DNS melalui infrastruktur yang handal dan update otomatis. Anda dapat menyembunyikan URL tujuan dalam domain manapun dengan menggunakan fitur forwarding domain gratis. Hal ini dilakukan dengan URL masking. Dengan melakukan ini, URL Anda tetap tersembunyi dari surfer dan identitas merek Anda tetap konsisten, memberikan peningkatan kinerja. Biaya DNS rendah dan terjangkau. DNS menawarkan keamanan dan melindungi situs Anda dari hacker. Selain manfaat tersebut, sistem nama domain juga memiliki berbagai layanan seperti mail server yang menerima e-mail untuk domain Internet

Cara Kerja

Rencanakan situs Anda, dan ide-ide brainstorming untuk nama situs Anda. Jika Anda bisa, pilih yang sesuai dengan nama bisnis perusahaan Anda, dan kemudian pilih com.,. Net, ekstensi or.org. Cobalah untuk menghindari memilih nama domain yang panjang atau membingungkan.

Setelah Anda siap untuk membeli nama domain, pilih layanan registrar. Setelah Anda memilih nama domain, registrar akan memeriksa untuk memastikan bahwa nama tersebut belum terhubung ke alamat IP. Jika domain tersedia, Anda akan dapat membelinya. Pendaftaran domain Anda akan memakan waktu sekitar 24 jam untuk diproses , dan setelah Anda memilih layanan web hosting, Anda akan siap untuk meng-upload situs Web Anda. Anda dapat memilih untuk menjaga pendaftaran Anda pribadi dalam database WHOIS.

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Mengatasi Bruteforce Attack pada Wordpress

Serangan Brute force adalah salah satu masalah keamanan yang paling sering dialami oleh seorang...

Web Hosting

PeninjauanWeb hosting adalah jenis layanan internet hosting yang memungkinkan individu dan...